Dalam rangka memotivasi dosen untuk terus mengembangkan tulisan menjadi buku, UII melalui program  “UII Menulis 2019”, kembai membuka hibah penulisan buku, yang berupa insentif penulisan buku ajar dan buku referensi.

Definisi Buku

Buku Ajar adalah buku yang disusun secara sistematis oleh pakar di bidangnya dengan berpedoman pada prinsip dan kaidah ilmiah buku teks dan diterbitkan secara resmi dan disebarluaksan untuk kepentingan perkuliahan pada satu mata kuliah tertentu. Umumnya, buku ajar berfungsi sebagai buku pegangan untuk membantu dosen dan mahasiswa menjalani proses perkuliahan dalam satu mata kuliah tertentu.

Buku referensi adalah buku yang disusun oleh pakar di bidangnya yang substansi pembahasannya berada dalam satu bidang ilmu kompetensi penulis. Isi tulisan dalam buku referensi harus memenuhi syarat-syarat sebuah karya ilmiah yang utuh, yang di antaranya memuat nilai kebaruan, metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta kesimpulan dan daftar pustaka.

Syarat dan Ketentuan

Syarat pengajuan dan pedoman lengkap hibah penulisan buku dapat dilihat (diunduh) melalui tautan berikut (gunakan email UII untuk login):

Pedoman UII Menulis 2019

Tanggal penting

  • Batas pengumpulan usulan manuskrip: Jumat, 18 Oktober 2019 pukul 15:00 WIB.
  • Pengumuman penerima insentif: pekan kedua November 2019
  • Pengumpulan revisi manuskrip: 30 November 2019
  • Estimasi waktu penerbitan buku selambat-lambatnya di kuartal pertama tahun 2020.

Prosedur penyerahan berkas

  1. Unggah file manuskrip dalam format doc/docx/pdf dan isikanlah informasi melalui tautan formulir berikut (dengan terlebih dulu login menggunakan akun UII). Ukuran file maksimal 100 MB. Beri nama file dengan nama ketua pengusul misalnya budi.doc atau budi.docx atau budi.pdf. File manuskrip haruslah sesuai dengan pola acu (template) yang telah disediakan.
  2. Setelah mengirimkan formulir, tunggu email balasan yang berisi tautan untuk mengunduh file. Silakan untuk mengikuti petunjuk pada email tersebut untuk mencetak formulir.
  3. Formulir yang telah terisi ditandatangani oleh pengusul, ketua prodi, dan dekan.
  4. Formulir yang telah ditandatangani dan dilengkapi dengan satu eksemplar salinan silabus/RPS mata kuliah (untuk buku ajar), surat pernyataa dan biodata pengusul (format lihat lampiran 1 dan 2 di Panduan), dan dua eksemplar manuskrip buku, disampaikan ke petugas di Ruang DPA (Gedung Rektorat Lantai 3).
  5. Jika terdapat kesulitan dalam pengisian formulir dapat menghubungi DPA melalui telepon (0274) 898444 ext 1311 atau melalui email [email protected]

Template Penulisan Buku

Cetakan (template) buku dapat diunduh di sini.