Untuk merespon dan mengantisipasi tantangan dan peluang pendidikan di masa sekarang dan masa akan datang, pembelajaran sebagai salah satu komponen terpenting pada proses pendidikan di Universitas Islam Indonesia diarahkan pengembangannya berdasarkan kondep-konsep berikut :

  1. Pendidikan berbasis luaran (outcome based education);
  2. Pembelajaran berpusat pada mahasiswa, yaitu learning by doing, thinking, and reflecting;
  3. Asesmen otentik (authentic assessment);
  4. Instrumen penilaian rubrik;
  5. Blended learning; serta
  6. Dosen sebagai pendamping pembelajaran mahasiswa.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Pengembangan Akademik untuk mendukung pengembangan pembelajaran adalah dengan menyelenggarakan hibah pengembangan pembelajaran untuk dosen di lingkungan UII. Secara umum tujuan dari hibah ini adalah :

  1. Mengembangkan model pembelajaran dan asesmen yang sesuai Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) serta arahan pengembangan pembelajaran UII;
  2. Meningkatkan kualitas lulusan melalui upaya pemenuhan capaian pembelajaran lulusan;
  3. Mengembangkan ragam model pembelajaran dan asesmen untuk mata kuliah dengan beragam karakteristik melalui online dan blended learning sebagai perwujudan implementasi aktivitas pembelajaran berpusat pada mahasiswa; serta
  4. Meningkatkan artikel publikasi dosen sebagai hasil refleksi atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan.

Di tahun 2019 ini terdapat dua skema hibah pengembangan pembelajaran, yaitu :

  1. Hibah Pengajaran Reguler dengan empat tema, yaitu (1) Pengembangan aktivitas pembelajaran berpusat pada mahasiswa melalui blended learning, (2) Pengembangan pembelajaran untuk mengembangkan capaian pembelajaran yang terkait literasi kemanusiaan, seperti komunikasi, kerja tim (leadership, followership, kolaborasi), berpikir kritis, kreatif dan inovatif, beradaptasi, kewirausahaan (entrepreneurship), manajemen diri (wawas diri, pro aktif, tekun), serta pembelajaran seumur hidup (long life learning), (3) Pengembangan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan penunjang Industry 4.0, seperti internet of thing, cloud computing, big data, robot, dan artificial intelligence, yang relevan dengan bidang keilmuan program studi, (4) Integrasi hasil penelitian dan/atau pengabdian masyarakat ke dalam proses pembelajaran.
  2. Hibah Percontohan Kuliah Daring dengan tema pengembangan mata kuliah daring

Besar setiap paket hibah adalah Rp 25.000.000.