UII Menulis Buku: Pedoman Insentif Penulisan Buku  

Prosedur penyerahan berkas manuskrip program UII Menulis Buku

  1. Unggah file manuskrip dalam format doc/docx/pdf dan isikanlah informasi melalui tautan formulir berikut (dengan terlebih dulu login menggunakan akun UII). Ukuran file maksimal 100 MB. Beri nama file dengan nama ketua pengusul misalnya budi.doc atau budi.docx atau budi.pdf. File manuskrip haruslah sesuai dengan pola acu (template) yang telah disediakan.
  2. Setelah mengirimkan formulir, tunggu email balasan yang berisi tautan untuk mengunduh file. Silakan untuk mengikuti petunjuk pada email tersebut untuk untuk mencetak formulir.
  3. Formulir yang telah terisi ditandatangani oleh pengusul, ketua prodi, dan dekan.
  4. Formulir yang telah ditandatangani dan dilengkapi dengan satu eksemplar salinan silabus/SAP/RPS mata kuliah dan dua eksemplar manuskrip buku, disampaikan ke Sdri. Tyaz atau Sdri. Meili di Ruang BPA (Gedung Rektorat Lantai 3).
  5. Jika terdapat kesulitan dalam pengisian formulir dapat menghubungi BPA melalui telepon (0274) 898444 ext 1311 atau melalui email bpa@uii.ac.id

Cetakan (template) buku dapat diunduh di sini.

 1.     Latar Belakang

Fokus pengembangan Universitas Islam Indonesia (UII) periode 2008-2014 adalah menjadi teaching university, yang dikuatkan menjadi excellent teaching university pada 2015-2022. Untuk menjadi excellent teaching, peningkatan kualitas pembelajaran menjadi hal utama harus diperhatikan. Keberhasilan pembelajaran sangat ditentukan oleh kemampuan dosen maupun ketersediaan bahan ajar dan sumber belajar lainnya yang dapat dirujuk oleh mahasiswa. Sampai saat ini, jumlah buku dengan ISBN yang diproduksi dosen UII masih sangat sedikit, padahal bahan ajar seperti catatan perkuliahan, modul atau diktat, maupun jumlah penelitian yang dihasilkan sudah relatif banyak. Oleh karenanya, diperlukan dukungan bagi dosen untuk dapat menyempurnakan karya ilmiah tersebut menjadi buku ajar dan buku referensi sesuai standar yang dipersyaratkan. Adanya bahan ajar tertulis menjadikan dosen dapat menyajikan materi di kelas dengan lebih efektif, sehingga dosen memiliki waktu lebih untuk memberikan tugas dan bimbingan mahasiswa. Bagi mahasiswa, buku ajar mampu meningkatkan pemahaman terhadap materi dan memperkaya informasi yang diterima.

Dalam rangka memotivasi dosen untuk terus mengembangkan tulisan menjadi buku teks, UII membuat program  “UII Menulis Buku”, yang merupakan hibah insentif penulisan buku, baik buku bahan ajar, modul, maupun buku referensi. Buku bahan ajar adalah materi perkuliahan yang disusun secara sistematis, digunakan dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan mata kuliah tertentu. Buku ajar dan Modul adalah buku pegangan untuk suatu mata kuliah yang ditulis dan disusun oleh pakar di bidangnya dan memenuhi kaidah buku teks serta diterbitkan secara resmi dan disebar luaskan. Buku ajar berfungsi untuk membantu dosen dan mahasiswa dalam perkuliahan. Sementara itu,  buku referensi adalah suatu tulisan dalam bentuk buku yang substansi pembahasannya pada satu bidang ilmu kompetensi penulis. Isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebuah karya ilmiah yang utuh, yaitu adanya rumusan masalah yang mengandung nilai kebaruan, metodologi pemecahan masalah, dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, serta ada kesimpulan dan daftar pustaka.

Luaran dari hibah ini akan bermanfaat bagi mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dan juga bagi dosen sebagai karya tertingginya dalam mengampu mata kuliah serta menjadi referensi pengembangan ilmu.

2.  Tujuan

Program memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Meningkatkan profil institusi sebagai perguruan tinggi unggul dan berdaya saing.
  2. Meningkatkan mutu dan jumlah buku dalam bentuk buku referensi, buku ajar dan modul.

3. Ketentuan Umum

a. Penulis

  1. Usulan dapat dilakukan secara individu atau kelompok.
  2. Ketua pengusul merupakan Dosen tetap UII.
  3. Ketua pengusul buku referensi telah memiliki jabatan fungsional minimal Lektor atau berpendidikan S3 (Doktor).
  4. Ketua pengusul buku ajar dan modul harus pernah mengampu mata kuliah yang terkait.
  5. Setiap pengusul dapat mengajukan maksimal 2 (dua) manuskrip buku dalam satu periode seleksi, sebagai ketua maupun anggota.

b.  Buku

  1. Usulan belum pernah diterbitkan dan bukan edisi revisi atas buku yang sudah diterbitkan.
  2. Manuskrip yang diusulkan tidak sedang terikat perjanjian penerbitan dengan instansi lain.
  3. Manuskrip merupakan karya asli pengusul (dibuktikan dengan surat pernyataan) serta bebas dari segala bentuk plagiarisme.
  4. Isi buku ajar tipe A harus mencakup semua materi sebagaimana dituliskan pada silabus yang tercantum dalam kurikulum Program Studi di lingkungan UII dengan jumlah minimal 60 halaman (tidak termasuk pengantar dan lampiran).
  5. Isi buku ajar tipe B mencakup semua materi sebagaimana dituliskan pada silabus yang tercantum dalam kurikulum Program Studi di lingkungan UII dengan jumlah minimal 30 halaman (tidak termasuk pengantar dan lampiran).
  6. Isi buku ajar tipe C mencakup sebagian materi sebagaimana dituliskan pada silabus yang tercantum dalam kurikulum Program Studi di lingkungan UII dengan jumlah minimal 30 halaman (tidak termasuk pengantar dan lampiran).
  7. Isi buku referensi dapat digunakan lintas mata kuliah dan rumpun ilmu dengan jumlah minimal 60 halaman (tidak termasuk pengantar dan lampiran).
  8. Manuskrip buku diketik menggunakan jenis huruf Times New Roman, ukuran 12, pada kertas ukuran A4 dengan jarak 1 spasi dengan margin 2,5 cm semua sisi.
  9. Penerbitan manuskrip yang diusulkan untuk menjadi buku merupakan hak Universitas. Pelaksaan teknis penerbitan dikoordinasikan oleh tim yang dibentuk oleh Universitas.

c. Dana  Insentif

1. Besaran dana insentif buku dalam bentuk buku ajar, modul, dan buku referensi adalah sebagai berikut:

besaran dana insentif buku 2016

2. Insentif yang diberikan tersebut tidak termasuk biaya penerbitan. Biaya dan proses penerbitan akan dilakukan dan menjadi tanggung jawab Universitas.

3. Insentif diberikan dalam dua termin. Termin pertama sebesar 50% (lima puluh persen), diberikan saat penandatanganan kontrak. Termin kedua sebesar 50% (lima puluh persen) diberikan saat buku siap cetak oleh penerbit.

4. Buku yang sudah mendapatkan insentif melalui program ini tidak dapat diajukan untuk mendapatkan insentif buku ajar yang diberikan oleh Universitas melalui BPA

d. Seleksi Kelayakan

  1. Seleksi dilakukan setiap tiga bulan dengan jadwal ditentukan oleh Tim.
  2. Setiap usulan Manuskrip akan ditelaah dan dinilai oleh penelaah (reviewer) yang dibentuk oleh Universitas.
  3. Seleksi mencakup kesesuaian format, isi, dan kelayakan penulis. Rincian aspek penilaian dijelaskan melalui Formulir Seleksi sebagaimana Lampiran 3.
  4. Tim Reviewer mempunyai kewenangan untuk menetapkan tipe buku yang diajukan penulis.

4. Sistematika dan Kaidah Penulisan Buku

Kriteria dan format buku untuk Buku ajar dan Modul adalah sebagai berikut:

a)     Manuskrip buku ajar yang diajukan harus lengkap dan memenuhi unsur: (1) Prakata, (2) Daftar Isi, (3) Batang tubuh yang terbagi dalam bab atau bagian, (4) Daftar Pustaka, (5) Glosarium, (6) Indeks (sebaiknya).

b)    Pada setiap awal bab memuat penjelasan tentang rencana dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai sesuai dengan kurikulum.

c)     Pada setiap bab memuat contoh soal dan soal-soal latihan.

d)    Contoh beserta template usulan dapat dilihat pada Lampiran 5.

Kriteria dan format buku untuk Buku referensi adalah sebagai berikut:

a)     Buku referensi dapat digunakan lintas mata kuliah dan rumpun ilmu.

b)    Substansi pembahasannya pada satu bidang ilmu.

c)     Isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebuah karya ilmiah, mengandung nilai kebaharuan (novelty/ies), dukungan data atau teori mutakhir yang lengkap dan jelas, terutama hasil riset penulis sebagai bahan pengayaan pembelajaran.

d)    Memenuhi kriteria buku yang baik dan dilengkapi Daftar Pustaka, Glosarium dan Indeks Subyek.

e)     Contoh beserta template usulan dapat dilihat pada Lampiran 5.

5. Prosedur Insentif Penulisan Buku

Prosedur insentif penulisan buku sebagai berikut:

(1)    Universitas membentuk Tim “UII Menulis Buku” dibawah koordinasi Kepala Badan Pengembangan Akademik (BPA).

(2)    Tim menyusun jadwal seleksi sampai dengan penerbitan untuk setiap periode sebagai berikut:

Tabel 2

(3) Penulis menyerahkan berkas ke BPA (lantai 3 Gedung Prabukusumo) yang dilengkapi dengan:

  1. Surat pernyataan bebas plagiasi dan komitmen menuntaskan manuskrip hingga manuskrip siap cetak sesuai borang Lampiran 1.
  2. Biodata sesuai borang Lampiran 2.
  3. Untuk buku ajar dan modul wajib menyertakan Silabus Mata Kuliah.
  4. Manuskrip buku (2 eksemplar) dengan sampul warna hijau muda disertai CD (format file doc/docx). Manuskrip Buku harus sesuai pola acu (template) yang disediakan pada Lampiran 5.

(4)    Seleksi berkas dilakukan oleh Penelaah menggunakan borang Lampiran 3. Hasil seleksi adalah (1) diterima dengan perbaikan; atau (3) ditolak.

(5)    Bagi Manuskrip Buku yang diterima dengan perbaikan, pengusul melakukan perbaikan sebagaimana permintaan penelaah. Setelah perbaikan disetujui,  pengusul melakukan tanda tangan surat perjanjian menggunakan borang Lampiran 4.

(6)    Tim melakukan koordinasi pelaksanaan penerbitan:

  1. Melakukan editing manuskrip sebelum dikirim ke penerbit;
  2. Menunjuk penerbit;
  3. Melakukan koordinasi penandatanganan kontrak dengan penerbit.

(7)    Pengusul melakukan proofreading atas manuskrip yang akan dicetak oleh penerbit.

(8)    Tim mengatur distribusi buku yang sudah terbit.

Unduh Pedoman ini dalam pdf.