Lembar Penugasan adalah dokumen pelengkap dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang ditujukan untuk mahasiswa serta berisi deskripsi tugas yang akan dikerjakan oleh mahasiswa pada mata kuliah tertentu selama satu semester. Lembar Penugasan disusun oleh dosen pengampu mata kuliah atau koordinator pengampu mata kuliah, diperiksa oleh koordinator kelompok keahlian, dan disahkan oleh Ketua Program Studi selambat-lambatnya sebelum kegiatan perkuliahan dalam suatu semester berjalan. Lembar Penugasan memuat :

  1. identitas mata kuliah;
  2. Jadwal penugasan;
  3. CPMK dan indikator yang diukur;
  4. Pokok bahasan;
  5. Tujuan penugasan;
  6. Jenis penugasan;
  7. Langkah pengerjaan;
  8. Deskripsi luaran tugas;
  9. Penilai;
  10. Kriteria/komponen penilaian beserta bobotnya;
  11. Evaluasi; dan
  12. Referensi.

Format Lembar Penugasan yang berlaku di Universitas Islam Indonesia diatur dalam Peraturan Rektor tentang dokumen pembelajaran. Berikut adalah panduan pengisian Lembar Penugasan untuk format yang berlaku di Universitas Islam Indonesia.

Header

NAMA
PROGRAM STUDI

Lembar Penugasan

Versi/Revisi

1/0

Halaman

1/1

 

Identitas Mata Kuliah

Identitas Mata Kuliah
Nama Mata Kuliah/Blok
Fakultas Program Studi
Kode Bobot sks
Kelompok Sifat Pengambilan
Semester Ke Ketersediaan
Bentuk Pembelajaran Media
Rumpun Mata Kuliah/Blok Prasyarat
Dosen/Koordinator Pengampu Semester/
Tahun Akademik

 

Isi bagian identitas mata kuliah pada Lembr Penugasan ini sama dengan isi identitas mata kuliah pada RPS.

Nama Mata Kuliah/Blok

Cukup jelas

 

Fakultas

Cukup jelas

 

Program Studi

Cukup jelas

 

Kode

Standardisasi baru untuk kode mata kuliah/blok adalah XXX – 000, dengan XXX = kode 3 huruf unit penyelenggara mata kuliah. Huruf pertama adalah jenis program : sarjana – S, magister – M, doktor – D, profesi – P, diploma/vokasi – V. Dua huruf berikutnya adalah identitas program studi.

Contoh : prodi teknik mesin menggunakan kode STM; S = sarjana, TM = Teknik Mesin.

000 = kode 3 angka dengan penjelasan digit pertama : semester (misal untuk sarjana 1 – 8 = semester 1 – 8 ; 9 = mata kuliah pilihan), digit kedua dan ketiga : urutan mata kuliah atau sesuai kebutuhan prodi

 

Bobot

Bobot mata kuliah dalam sks (satuan kredit semester)

 

Kelompok

Berisi informasi penyelenggara mata kuliah/blok, isian dapat berupa Universitas/Fakultas/Prodi

  • Universitas : diselenggarakan oleh universitas
  • Fakultas : diselenggarakan oleh fakultas
  • Prodi : diselenggarakan oleh Program Studi

 

Sifat Pengambilan

Berisi informasi sifat pengambilan mata kuliah/blok, isian dapat berupa Wajib/Wajib Terbatas/Pilihan

  • Wajib : mata kuliah yang diwajibkan bagi seluruh mahasiswa
  • Wajib Terbatas : mata kuliah yang diwajibkan bagi kelompok mahasiswa tertentu, misalnya untuk mahasiswa yang menempuh suatu konsentrasi tertentu
  • Pilihan : mata kuliah pilihan

 

Semester Ke

Berisikan semester pelaksanaan mata kuliah ini sesuai dengan rancangan pada dokumen kurikulum.

 

Ketersediaan

Berisi informasi ketersediaan mata kuliah/blok, isian dapat berupa Terbuka/Terbatas

  • Terbuka : dapat diambil oleh mahasiswa dari berbagai program studi
  • Terbatas : hanya dapat diambil oleh mahasiswa fakultas/prodi tertentu, atau mahasiswa dengan status tertentu, misalnya kelas internasional, mahasiswa program joint degree atau double degree

 

Bentuk Pembelajaran

Berisi informasi bentuk pembelajaran apa yang digunakan dalam pelaksanaan mata kuliah/blok, isian dapat berupa Kelas, Praktikum Laboratorium, Studi Lapangan, Studio, Tutorial dan/atau bentuk lain yang dapat menunjang pemenuhan capaian pembelajaran.

 

Media

Berisi informasi media pembelajaran yang digunakan, isian dapat berupa Luring/Campuran/Daring

  • Luring (Luar Jaringan) : media yang digunakan tanpa menggunakan media e-learning
  • Campuran (Blended Learning) : kuliah menggunakan kombinasi media e-learning dengan tatap muka langsung
  • Daring (Dalam Jaringan) : kuliah menggunakan media e-learning sepenuhnya

Dalam Peraturan Universitas No 2/2017 diarahkan media pembelajaran yang dipakai adalah campuran atau daring seluruhnya.

 

Rumpun Mata Kuliah/Blok

Menunjukkan pengelompokan mata kuliah/blok yang ditetapkan oleh program studi berdasarkan bidang ilmu dan/atau bidang keahlian dosen disesuaikan dengan kondisi masing-masing prodi. Istilah rumpun juga dapat disesuaikan/diganti dengan istilah lain, misal Kelompok Bidang Keahlian (KBK) atau fase atau konsentrasi atau cluster atau istilah lainnya yang digunakan oleh prodi.

 

Prasyarat

Berisi informasi mata kuliah yang harus diambil dan/atau diselesaikan sebelum menempuh mata kuliah terkait (pre-requisite) atau mata kuliah yang wajib ditempuh setidaknya bersamaan dengan mata kuliah terkait (co-requisite)

 

PENUGASAN KE-
Jadwal Penugasan
CPMK/Sub-CPMK
Indikator
Pokok/Sub-Bahasan
Tujuan Penugasan
Jenis Penugasan
Sifat Penugasan
Langkah Pengerjaan Tugas
Deskripsi Luaran Tugas
Penilai
Kriteria/Komponen Penilaian dan
Bobot Penilaian
Evaluasi
Referensi

 

Jadwal Penugasan

Berisi informasi waktu penugasan dan waktu pengumpulan tugas (dapat berupa tanggal ataupun pertemuan ke)

 

CPMK/Sub-CPMK

Berisi rumusan CPMK atau Sub-CPMK yang akan dipantau/dinilai.

 

Indikator

Berisikan indikator yang menunjukkan penguasaan kemampuan yang dapat diukur untuk menunjukkan keberhasilan pencapaian CPMK/Sub-CPMK yang terkait. Bagian ini diambilkan dari isian indikator terkait pada RPS.

 

Pokok/Sub-Bahasan

Berisi uraian deskripsi pokok bahasan yang akan dipelajari untuk menyelesaikan tugas ini

 

Tujuan Penugasan

Berisi uraian tujuan pemberian tugas, dapat berupa salah satu atau beberapa tujuan berikut atau tujuan lainnya :

  • Sumatif : memberikan penilaian/mengukur pencapaian CPMK/Sub-CPMK
  • Formatif : untuk memberikan umpan balik kepada mahasiswa/pengajar terkait proses pembelajaran yang telah dilakukan
  • Diagnostik : untuk memberikan umpan maju kepada mahasiswa/pengajar terkait proses pembelajaran yang akan dilakukan

 

Jenis Penugasan

Berisi jenis penugasan yang diberikan, yang dapat berupa :

  • tes/ujian tertulis;
  • tes/ujian lisan;
  • unjuk kerja : presentasi, pidato, debat, diskusi, permainan peran (role play), praktikum, perbaikan masalah (troubleshooting)
  • perancangan/pembuatan produk : peta konsep, diagram alir, makalah/paper, poster, audio/video, tugas proyek, buku, dan perangkat lunak;
  • kompetisi;
  • riset;
  • pengabdian kepada masyarakat;
  • dakwah islamiyah;
  • portofolio : hasil dari pengumpulan beberapa produk atau observasi beberapa kinerja dalam kurun waktu tertentu.;
  • focus group discussion;
  • penyebaran angket/kuisioner; dan/atau
  • jenis asesmen ataupun penugasan lain yang dapat mengukur ketercapaian CPMK/Sub-CPMK

 

Sifat Penugasan

Kelompok/Individu

 

Langkah Pengerjaan Tugas

Petunjuk tentang langkah-langkah penyelesaian tugas. Dapat juga ditambahkan petunjuk teori/teknik/alat yang sebaiknya digunakan dalam penyelesaian tugas.

 

Deskripsi Luaran Tugas

Berisi uraian tentang luaran apa yang dihasilkan dari tugas ini misalnya naskah paper/makalah/proposal/laporan/hasil perhitungan/notulen diskusi/ gambar/sketsa hasil perancangan/presentasi lisan/program

Dilengkapi dengan hal-hal apa saja dari hasil tugas/kinerja yang harus dilengkapi/dipenuhi/ditunjukkan/disajikan/dilakukan, misal : hasil tugas disajikan dalam paper minimum 20 halaman termasuk skema, tabel dan gambar, dengan ukuran kertas A4, diketik dengan type dan besaran huruf yang tertentu, serta dikirimkan dalam bentuk softcopy ke Klasiber.

 

Penilai

Pihak-pihak yang melakukan penilaian, dapat berupa :

  • Penilaian sendiri
  • Penilaian oleh teman
  • Penilaian oleh dosen
  • Penilaian oleh pihak lain yang relevan

 

Kriteria/Komponen Penilaian dan Bobot Penilaian

Berisi butir-butir kriteria/komponen yang dapat menunjukan tingkat keberhasilan mahasiswa dalam usaha mencapai CPMK/Sub-CPMK yang telah dirumuskan beserta bobot penilaian dari masing-masing kriteria/komponen penilaian. Jika dituliskan dalam bentuk rubrik dapat dilampirkan di bawah kotak isian ini.

 

Evaluasi

Keputusan yang diambil setelah mahasiswa menyelesaikan suatu tugas. Bagian ini dapat dikosongkan jika memang tidak ada proses evaluasi pada tugas terkait.

Contoh evaluasi :

  • setiap mahasiswa harus meraih nilai minimal ……. Jika belum memenuhi maka mahasiswa wajib melakukan perbaikan melalui pengerjaan ulang seluruh komponen penugasan
  • setiap mahasiswa harus meraih nilai minimal ……. Pada masing-masing komponen penugasan. Jika belum memenuhi maka mahasiswa wajib melakukan perbaikan melalui pengerjaan ulang komponen penugasan tersebut
  • setiap mahasiswa harus meraih nilai minimal ……. Jika belum memenuhi maka mahasiswa dinyatakan tidak lulus dalam mata kuliah tersebut

 

Referensi

Sumber pembelajaran yang dapat digunakan untuk membantu penyelesaian tugas ini.

 

Pengesahan

Tanggal : Tanggal : Tanggal :
Disahkan Oleh Ketua Program Studi Diperiksa Oleh Koordinator Rumpun Bidang Ilmu Disiapkan Oleh Dosen/
Koordinator Pengampu
 


Kaprodi Koordinator Rumpun Bidang Ilmu Dosen/Koordinator Pengampu