Latar Belakang
Sebagai pelengkap Program Hibah Kompetisi Program Studi (PHK PS), mulai tahun 2016, Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Badan Pengembangan Akademik (BPA), meluncurkan Program Hibah Kompetisi Prioritas (PHK Prioritas). PHK Prioritas ini didesain khusus untuk memfasilitasi program studi dalam menyasar program prioritas yang tertuang dalam Rencana Strategis UII. Di samping itu, program ini juga untuk mempercepat pencapaian sasaran mutu universitas.

 

Program Prioritas
Pada tahun 2018 ini, fokus PHK Prioritas ini adalah untuk memfasilitasi aktivitas program studi dengan sasaran terpilih berikut:

1. Pengembangan pembelajaran yang sesuai dengan SNPT (Standar Nasional Pendidikan Tinggi) termasuk pengembangan kurikulum berorientasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), penyusunan dokumen akademik sesuai ketentuan terbaru, serta pengembangan sistem pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan Prodi.
2. Perbaikan masa studi, termasuk perbaikan waktu penyelesaian tugas akhir/tesis/disertasi
3. Peningkatan kompetensi dosen di bidang publikasi karya ilmiah dan pedagogik.
4. Peningkatan kapasitas dosen dalam mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam disiplin ilmu.
5. Pengembangan program/sistem peningkatan softskill mahasiswa.
6. Pengembangan keunikan lokal prodi termasuk penyusunan roadmap penelitian program studi serta pengembangan produk dan layanan unggulan prodi
7. Peningkatan jumlah mahasiswa asing penuh waktu
8. Peningkatan kualitas lulusan (percepatan waktu tunggu lulusan) dan tracer studi

Proposal yang diajukan dapat memilih maksimal dua dari enam program prioritas tersebut. Program yang diusulkan belum pernah diselenggarakan oleh program studi dengan pendanaan hibah dari BPA danĀ  tidak mencakup aktivitas yang sudah tersedia skema pendanaannya di lembaga internal UII.

Besar Hibah

Setiap proposal hibah dapat mengajukan dana maksimum Rp 100.0000.000 (seratus juta rupiah).

Panduan Program Hibah Kompetisi Prioritas beserta template proposal dapat diakses melalui tautan berikut.